Monday, 1 September 2014

Apa itu Buah Tin? Buah Tiin atau buah ara?

ternyata banyak yang belum tahu apa itu buah Tin.
Dalam Qur'an, bagi yang muslim pasti tidak asing lagi dengan Surat At-Tin,
Nah, buah Tiin ini memang ada. Yuk kita liat apa itu buah tiin menurut wikipedia. :

Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina, serta Amerika Serikat.

Habitus berupa pohon, besar dan dapat tumbuh hingga 10m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.
Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak

nah, penampakan buah Tin dan pohonnya, seperti ini, ini gambar pohon tiin yang ada di rumah saya :)

Apakah buah tin itu? gb buah tin

 Buah ini sngat rajin berbuah. di dalam pot pun bisa berbuah dan berbuah sepanjang tahun. kandungan vitamin dan gizinya bagus.

Buah tin sangat kaya dengan nutrisi dalam tubuh buahnya. Diantara nutrisi- nutrisi tersebut antara lain protin, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, dan potassium. Kadar nutrisi buah tin adalah protin sebanyak 4.3 mg, serat 5.6 mg, energi 274 kkal, kalsium 126 mg, karbohidrat yaitu 63.4 mg, vitamin C sekitar 1 mg.

Mau nanam buah ini? kami ada bibitnya bila minat


1 comment:

  1. selamat beraktivitas. . .mari kita awali aktivitas hari ini dengan menyimak informasi yang aktual di halaman yang sangat luar biasa ini !!!

    ReplyDelete