Cara Tepat menanam Mawar dari Stek Batang

Cara Menanam Mawar dari Batang Stek


Gambar diatas memperlihatkan langkah awal dalam pembahasan ini,, yakni mempersiapkan stek batang mawar yang akan ditanam.
Gambar diatas memperlihatkan langkah awal dalam pembahasan ini, yakni mempersiapkan stek batang mawar yang akan ditanam.

Melihat banyaknya minat akan mawar di tanah air, kami menulis artikel ini. Menanam mawar bisa dibilang gampang-gampang susah. Mawar bisa dibudidayakan dari biji maupun dari stek batang. Menanam mawar dari stek jauh lebih mudah dan kami rekomendasikan dibandingkan dari benihnya. Mawar akan lebih cepat tumbuh dari ketiak ruas-ruas batang, dibandingkan perkecambahan dari biji. Pasalnya, untuk tanam dari biji membutuhkan waktu minimal 60 hari sampai biji mawarnya berkecambah.

Alat dan Bahan

Berikut adalah alat dan bahan yang Anda perlukan untuk menanam mawar dengan stek batang, selain batang dari mawar itu sendiri.
  1. Satu toples air
  2. Pisau atau atau gunting tanaman
  3. Pot atau wadah tanam lainnya
  4. media tanam (tanah,pupuk kandang,kompos – 1:1:1)
  5. Pensil atau ranting pohon.
  6.  Pupuk ZPT(opsional)

Langkah-langkah Penanaman

Tahapan dalam menanam stek batang mawar (rose cuttings) adalah sebagai berikut.
  • Potong batang pohon mawar sepanjang 15-20 cm menggunakan pisau atau gunting tanaman yang tajam dan steril.
  • Masukkan batang pohon mawar sesaat sesudah dipotong ke dalam air. Fungsinya agar mawar tetap segar hingga proses penanaman.
  • Lubangi dalam pot menggunakan pensil atau ranting pohon. Usahakan kedalamannya kurang dari setengah dari tinggi batang mawar yang sudah dipotong.
  • Sebelum ditancapkan ke dalam lubang, gunting daun-daun yang berada di bagian bawah batang.
  • Tancapkan batang mawar yang telah dipotong dan dibuang daunnya tadi ke dalam media tanam. Anda bisa menambahkan hormon penumbuh akar pada dasar batang mawar atau pada lubang tanah untuk mempercepat pertumbuhan akar.
  • Siram teratur menggunakan semprotan air sampai tunas daun baru tumbuh. Jika sudah ada daun baru yang tumbuh maka berarti cara Anda menanam stek batang mawar sudah benar dan tentunya batang tersebut sudah berakar di bawahnya.
sumber : https://bibitbunga.com/cara-menanam-bunga-mawar-dengan-stek-batang-di-pot/

No comments:

Post a Comment

Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Kemarau

  Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Kemarau Musim kemarau seringkali menjadi momok bagi para pecinta tanaman hias. Pasalnya, cuaca yang ker...